Nusantara

Pesan Bupati Toba Kepada Kader PPKDB dan Sub PPKDB: Terapkan Pola Pikir Be Fast dan Cerdik

Redaksi
×

Pesan Bupati Toba Kepada Kader PPKDB dan Sub PPKDB: Terapkan Pola Pikir Be Fast dan Cerdik

Sebarkan artikel ini

Mitrapolitika.com, Toba – Untuk mewujudkan program pengendalian penduduk dan menurunkan jumlah stunting di Kabupaten Toba, Pemerintah Kabupaten Toba melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menggelar Kegiatan Penyuluhan Program dan Pembinaan Lini Lapangan se Kabupaten Toba Tahun 2023 kepada kader PPKDB dan Sub PPKDB
di Balai Pertemuan Kantor Camat Porsea, Jumat (20/10/2023).

Hadir dalam kegiatan, Bupati Toba,Poltak Sitorus didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dr. Juliwan Hutapea, Camat Porsea, Edward Sidabutar, Camat Parmaksian, Ronald Sirait, dan Plt. Camat Uluan, Winra Marpaung. Kegiatan penyuluhan diikuti oleh kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD dari Kecamatan Porsea, Kecamatan Parmaksian, dan Kecamatan Uluan.

Kader PPKBD/Sub PPKBD merupakan kepanjangan tangan pemerintah dalam pelaksanaan program pengendalian penduduk, keluarga berencana maupun mewujudkan ketahanan keluarga.

Dalam arahannya, Poltak Sitorus memaparkan pentingnya kesehatan untuk menunjang tingkat kebahagiaan penduduk. Dalam hal ini, peran PPKBD dan Sub PPKBD sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Kepada seluruh kader PPKDB dan sub PPKDB, Bupati Toba memperkenalkan istilah “Be Fast” dan “Cerdik”.

“Untuk menciptakan lingkungan yang sehat, kita perlu menerapkan pola pikir “BE FAST” yaitu Believe (kita harus percaya kita bisa sehat), Exercise (diperlukan kerja keras), Focus (jangan ragu untuk mewujudkan kesehatan), Active (aktif mendengarkan, mencatat, memperhatikan, dan belajar terkait kesehatan), State (memperhatikan situasi, cari lingkungan yang mendukung), dan Teaching (mengajarkan kepada keluarga dan lingkungan bagaimana hidup sehat),” paparnya.

Selain menjelaskan pola pikir ‘Be Fast’, Poltak Sitorus juga menjelaskan soal pola pikir ‘Cerdik’. “Dan satu lagi ada istilah “CERDIK”, dalam istilah kesehatan merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres,” jelas Bupati Toba.

Bupati Toba berharap agar para kader PPKBD dan Sub PPKBD tetap semangat dalam menjalankan tugas penyuluhan meskipun dengan honor yang terbatas.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Toba memberikan hadiah kepada 7 kader PPKBD yang berhasil menjawab pertanyaan dan membagikan merchandise berupa kaos bagi peserta penyuluhan. Juga secara simbolis memberikan honor kepada Kader PPKB dan Sub PPKB yang hadir. (Abdi S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *