Jakarta

Jadi Pasangan Calon Ketua PWI dan Ketua DKP DKI Jakarta Terkuat, Ini Visi Misi Iqbal Irsyad-Berman Nainggolan

Avatar
×

Jadi Pasangan Calon Ketua PWI dan Ketua DKP DKI Jakarta Terkuat, Ini Visi Misi Iqbal Irsyad-Berman Nainggolan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOLITIKA.com, Jakarta – Dalam acara halal bihalal, yang diselenggarakan Senin lalu, Pasangan Calon Ketua PWI DKI Jakarta Muhammad Iqbal bersama Calon Ketua DKP DKI Jakarta, Berman Nainggolan menjadi pasangan terkuat setelah mendapat dukungan dari ratusan anggota PWI DKI Jakarta lintas generasi.

Agar mendapat dukungan yang maksimal di hari pemilihan suara pada tanggal 25 April 2024 yang akan datang, dalam kesempat tersebut Iqbal memaparkan visi dan misinya dalam maju sebagai calon Ketua PWI DKI Jakarta.

Dalam visinya, Iqbal ingin menjadikan PWI DKI Jakarta sebagai wadah dan rumah besar anggota PWI DKI Jakarta yang berkualitas, berintegritas, berdampak bagi pemerintah serta masyarakat dalam ekosistem informasi yang sehat dan dengan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik PWI, memperjuangkan kebebasan pers juga hak-hak wartawan di era digital ini.

Sedangkan dalam pemaparan Misi, Iqbal ingin meningkatkan kualitas, kuantitas dan integritas wartawan anggota PWI.

Selain itu, Iqbal ingin memperjuangkan kebebasan pers dan perlindungan hak-hak wartawan serta memajukan peran PWI dalam mendukung pembangunan dan kepentingan masyarakat.

Selain itu, mengembangkan kerja sama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk meningkatkan profesi wartawan dan kualitas pemberitaan serta mendukung pengembangan teknologi dan inovasi dalam praktik Jurnalistik, serta mendorong adopsi strategi digital yang efektif.

Juga membangun solidaritas anggota PWI DKI Jakarta dengan memperkuat kelembagaan, pendidikan, advokasi, kesejahteraan, dan kepedulian sosial, demi menciptakan organisasi pers yang profesional, mandiri, dan bermartabat.

Memperbesar organisasi PWI DKI Jakarta melalui orientasi berkala, dengan tetap menjaga standar kualitas anggota melalui proses seleksi yang ketat, sehingga anggota PWI Jakarta memiliki SDM yang unggul dan dapat diandalkan di masa depan.

“Membentuk anggota PWI DKI Jakarta yang kompeten dan memegang teguh prinsip-prinsip Kode Etik Jurnalistik serta kode perilaku wartawan. Membentuk Satgas Anti Hoax dan melatih wartawan yang dapat melakukan verifikasi informasi dan menghindari penyebaran berita hoax melalui pemeriksaan fakta yang cermat,” demikian misi yang ditawarkan Iqbal.

Lainnya, Akan membangun kerjasama antara PWI DKI Jakarta dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang jurnalistik Makin meningkatkan peran Lembaga Konsultasi, Bantuan, dan Penegakan Hukum (LKBPH) PWI Jaya dalam memberikan perlindungan hukum bagi wartawan yang menghadapi masalah hukum terkait tugas dan profesinya.

Serta menyelenggarakan pendidikan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) secara berkelanjutan untuk meningkatkan standar profesionalisme Mendukung pengembangan teknologi dan inovasi dalam praktik Jurnalistik, serta mendorong adopsi strategi digital yang efektif.
Terakhir, mempermudah proses administrasi di Sekretariat PWI DKI Jakarta untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan anggota.

Biodata Iqbal Irsyad

Lahir: Palembang, 19 Oktober 1972

Pendidikan
– Sarjana S-1 dari Fakultas Ilmu Komunikasi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
(IISIP) Jakarta
– Strata-2 (S2) Jurusan Manajemen SDM/ Program Studi Manajemen di
Universitas Bina Bangsa

Karir :
– Wartawan Tabloid Esa Pos, Majalah Vista TV, Tabloid Cek & Ricek, Bintang
Grup (Production House yang menaungi berbagai Infotainment dan reality
Show),
– KTV (Stasiun TV kelompok Kompas Gramedia)
– Pemimpin Redaksi VOI.id, Era.id, Paragram.id dan Djawanews.com

Jabatan
– Anggota PWI sejak Tahun 1999
– 2008 – 2013 Wakil Ketua Seksi Infotainment
– 2013 – 2017 Ketua Seksi Wartawan TV & Elektronik
– 2018 – 2019 Wakil Ketua PWI Jaya Bidang Kesra
– 2019 – 2021 Sekretaris 1 PWI Jaya
– 2021 – Sekarang, Bendahara PWI Jaya
– 2015 – Sekarang, Asesor Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Lembaga Uji PWI Pusat
– 2023 – Sekarang, Ketua Tim Satgas Anti Hoax PWI Pusat
– 2023 – Sekarang, Anggota Satgas Perlindungan Wartawan Terhadap Kekerasan Dewan Pers
– Pemegang Kartu Press Card Number One (PCNO) PWI

Berman Nainggolan

Sedangkan Berman Nainggolan yang mencalonkan sebagai Ketua DKP PWI DKI Jakarta memaparkan Visi dan Misinya, antara lain,

Menciptakan lingkungan jurnalistik yang sehat dan professional di mana wartawan dapat bekerja dengan integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap profesi jurnalistik dapat ditingkatkan.

Memperkuat hubungan antara anggota PWI DKI Jakarta dan masyarakat serta mempromosikan kebebasan pers dan hak atas informasi yang benar dan akurat.

Memastikan anggota PWI DKI Jakarta mematuhi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Pedoman Perilaku Wartawan (ppw) serta menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas jurnalistik. Menyelesaikan sengketa yang melibatkan anggota PWI DKI Jakarta dan menegakkan disiplin organisasi.

Sebagai calon Ketua DKP DKI Jakarta, Berman Nainggolan mempunyai 5 Program Unggulan, yang terdiri dari:

PERTAMA:
– Menggelar pelatihan dan sosialisasi kode etik jurnalistik dan pedoman perilaku wartawan
– Mengadakan pelatihan dan sosialisasi mengenai KEJ dan PPW kepada anggota PWI dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran anggota PWI mengenai etika dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

KEDUA, Penyelsaian Sengketa
Dengan Pendekatan Mediasi Melakukan pendekatan mediasİ dalam menyelesaikan sengketa yang melibatkan anggota PWI DKI Jakarta, untuk mencapai kesepakatan yang şaling menguntungkan bagi kedua belah pihak dan menghindari konflik yang lebih basar.

KETIGA, Peningkatan Kualitas Jurnalistik
Mengadakan program pelatihan dan workshop untuk meningkatkan kualitas jurnalistik anggota PWI untuk meningkatkan kualitas dan kepercayaan masyarakat terhadap profesi jurnalistik

KEEMPAT, Pengawasan Dan Penegakan Disiplin Organisasi
Melakukon pengowasan dan penegakan disiplin organisasi terhadap anggota PWI yang melanggar KEJ dan PPW untuk menjaga integritas dan profesionalisme organisasi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi jurnalistik

KELIMA, Kerjasama Dengan Pihak Terkait
Menjalin kerjasama dengen pihak terkait seperti lembaga pemerintah, LSM, dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan kualitas jurnalistik dan mempromosikan kebebasan pers serta hak ataş informasi yang banar dan akurat.

Biodata Berman Nainggolan Lb Radja (Berman Nainggolan)

Lahir: Tapanuli Utara, 22 Desember 1964

Pendidikan Formal:
– STM HKBP Pernatang Siantar 1980
Pendidikan Non Formal
– UKW Muda 2011
– UKW Utama 2018

Karir
– 1995 – 1999 Bekerja di Tabloid Bintang Sport Film (BSF)
– 1999 – 2005 Bekerja di Harian Jakarta
– 2005 – 2006 Bekerja di Koran Jakarta
– 2006 – 2007 Bekerja di Harian Ibu
– 2007 – 2021 Bekerja di Harian National News
– 2021 – Pimpinan Redaksi Mitarpolitika

Pengalaman Organisasi
– 2011 – 2014 Wakil Ketua Seksi Wartawan Perkotaan PWI Prov. DKI Jakarta
– 2014 – 2019 Ketua Seksi Wartawan Perkotaan PWI Prov. DKI Jakarta
– 2018 Ketua Panitia Anugerah Jurnalistik MH. Thamrin ke 44 Tahun.
– 2019 – 2024 Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Prov. DKI Jakarta
– 2024 – Sekarang, Plt. ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI DKI Jakarta

 

Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *