Jakarta

PT JGAS Siap Bersinergi bersama Petrochina dan Pemkab Jabung Timur

Avatar
×

PT JGAS Siap Bersinergi bersama Petrochina dan Pemkab Jabung Timur

Sebarkan artikel ini

MITRAPOLITIKA.com, Jakarta – Direktur Utama PT Jabung Gas Energi (PT JGAS), Ali Mulyagusdin dan Bupati Tanjung Jabung Timur, H. Romi Hariyanto bersama dengan BUMD Kabupaten Tanjung Jabung Timur menyepakati kerja sama dengan Qian Mingyang, Presiden Direktur PetroChina International di Menara Kuningan, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, pada Rabu, (17/07/2024).

Kesepakatan atas rencana pemanfaatan gas bumi dari Wilayah Kerja Jabung tersebut merupakan kabar baik untuk PT JGAS dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Bagaimana tidak, kerja sama tersebut bertujuan untuk mengupayakan hak pengelolaan gas sebesar 5 MMSCFD oleh BUMD Tanjung Jabung Timur yang merupakan awal dari langkah selanjutya yaitu mendapatkan persetujuan Alokasi Gas Bumi dari Kementerian ESDM.

Nantinya setelah disetujui, hak pengelolaan gas akan berada di bawah tanggung jawab BUMD Tanjung Jabung Timur yang akan berkolaborasi dengan PT JGAS sebagai mitra.

PT JGAS atau PT Jabung Gas Energi merupakan konsorsium yang bergerak dalam pemanfaatan gas mulai dari hulu sampai hilir

Direktur Utama PT JGAS, Ali Mulyagusdin dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya tertarik dan siap melakukan investasi di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dimana nantinya akan dilakukan pembangunan fasilitas LNG Plant untuk pengolahan gas bumi yang bersumber dari Wilayah Kerja Jabung yang dioperasikan oleh Petrochina International.

Ali menambahkan bahwa saat ini permintaan atas LNG semakin tinggi, sehingga investasi yang akan kita lakukan ini diharapkan dapat memenuhi permintaan kebutuhan dalam dunia industri dan ritel. PetroChina sebagai produsen gas akan menyerahkan 5 MMSCFD kepada BUMD Pemkab Tanjung Jabung Timur. Kemudian, BUMD tersebut akan bekerja sama dengan PT JGAS untuk melakukan Pengolahan menjadi gas alam cair dan memasarkan gas alam cair tersebut ke peretail dan industri. Kerja sama ini juga merupakan komitmen JGAS dalam meningkatkan perekonomian daerah Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Bupati Romi yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan bahwa progres menggembirakan perolehan kembali hak pengelolaan 5 MMSCFD gas itu sudah sampai pada tahap teknis dari sisi pemkab. Dimana investor yang berkenan menjadi mitra yaitu PT JGAS tersebut sudah menyiapkan rencana bisnis bersama BUMD Tanjabtim.

“Sudah ada investor yang siap menjalankan rencana bisnis gas itu bersama BUMD kita, nanti jika ESDM sudah setuju BUMD kita siap presentasikan renbis tersebut,” kata Romi di Jakarta, Rabu siang.

Romi berkeyakinan rencana bisnis tersebut akan berhasil karena dijalankan oleh mitra profesional dengan rekam jejak yang jelas. Dengan kerjasama itu Romi optimis akan menambah sumber pendapatan baru bagi Tanjabtim.

 

Don Berman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *